Makalah Tafsir Ahkam



KATA PENGANTAR
         Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT,karena atas rahmat dan karunia yang telah diberikan, sehingga kami dapat menyusun Makalah Tafsir Ayat-ayat Hukum II yang membahas tentang ayat-ayat wasiat (Al-Baqarah 180-182). Dan tak lupa pula salawat serta salam kita hadiahkan kepada nabi besar kita yakni Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya ke alam yamg penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat sekarng ini. Makalah ini di buat untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan kami sebagai mahasiswa/i dan meningkatkan kualitas diri kami dalam menuntut ilmu.
              Bertambah tuanya umur dunia, maka semakin pesat pula perkembangan manusia  dan perkembangan teknologi.Zaman yang digeluti hampir mencapai puncak  kejayaan dunia seiring dengan dunia modern ini,tidak ada manusia yang luput dari kesalahan.Penulis  yakin dalam pembuatan makalah ini masih terdapat kekurangan, oleh karena itu demi kesempurnaan makalah ini segala kritik dan saran yang membangun yang  penulis harapkan, dan semoga makalah sederhana ini dapat membantu kita semua.
              Dan tak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada dosen pembimbing serta pihak yang telah ikut memberikan masukan dan motifasi terhadap penulis dalam menyelesaikan makalah ini semoga segala bantuan yang telah diberikan mendapat ridho dan balasan dari allah swt,,amin..
              Semoga bermanfaat.

                                                                                                Penulis









DAFTAR ISI
          KATA PENGANTAR
            DAFTAR ISI
            BAB I
                        PENDAHULUAN                                                    
            BAB II
PEMBAHASAN
A.    Ayat-ayat Wasiat                         
B.     Tafsir Mufradat
C.     Penjelasan
D.    Hikmah Wasiat                                        
BAB III
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA














BAB I
PENDAHULUAN
       I.            Latar Belakang
              Persoalan yang muncul ketika membagi harta warisan yang ditinggalkan pewaris adalah pembiayan dan pengurusan jenazah, pembayarn hutang, dan mengeluarkan wasiat yang dibuat pewaris kepada yang berhak menerima. Berwasiat merupakan salah satu kebiasaan orang-orang Arab Jahiliyyah. Yaitu ketika sesorang memiliki harta benda yang banyak, maka mereka berpesan mengenai harta itu. Namun pada masa Jahiliyah pesan itu sering ditujukan kepada orang-orang yang jauh hubungannya dan mereka melupakan karib kerabat dekat. Maka tatkala Islam datang kebiasaan ini tetap dipertahankan dengan memperbaiki pelaksanaan wasiat tersebut agar disesuaikan dengan kemaslahatan manusia dan keluarga yang ditinggalkan oleh orang yang berwasiat. 
    II.            Tujuan
Mengetahui ayat-ayat yang membahas tentang wasiat
Mengetahui Tafsir Mufradat ayat wasiat
Mengetahui penjelasan-penjelasan yang dikandung ayat
Mengetahui hikmah dari wasiat
 III.            Rumusan masalah
Dalam surat apa yang membahas tentang hukum wasiat?
Apa tafsir mufradat ayat wasiat?
Apa penjelasan ayat wasiat?
Apa hikmah adanya wasiat?

Comments

Popular posts from this blog

Makalah Filsafat Hukum Islam #terbaru 2020

Makalah Tentang Zihar terbaru 2020

Contoh Surat Lamaran Kerja Pengadilan Agama/Negeri-2020